cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. hulu sungai utara,
Kalimantan selatan
INDONESIA
Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan
ISSN : 19074174     EISSN : 26210681     DOI : -
Core Subject : Social,
ALQALAM : Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan (P-ISSN: 1907-4174 ; E-ISSN: 2621-0681) merupakan jurnal berkala yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Al-Quran (STIQ) Amuntai Kalimantan Selatan yang memuat tulisan dari dosen, tenaga kependidikan, pemerhati pendidikan dan lain sebagainya. Jurnal ini mempublikasikan hasil-hasil penelitian yang terkait dengan isu ke-Islaman yang berhadapan dengan isu sosial seperti pendidikan, sejarah, komunikasi, sosial politik, hukum, ekonomi, dan lainnya. Scope ini dijabar dalam fokus isu per edisi yang membahas isu sosial kontemporer seperti, kearifan lokal, urban dan multikultural.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Al Qalam Vol. 13, No. 1, Januari-Juni 2019" : 7 Documents clear
INOVASI KURIKULUM DI MADRASAH ALIYAH Muhammad Rasyidi
Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan Al Qalam Vol. 13, No. 1, Januari-Juni 2019
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an (STIQ) Amuntai Kalimantan Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (665.078 KB) | DOI: 10.35931/aq.v0i0.106

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui perencanaan inovasi kurikulum di Madrasah Aliyah (MA) Darul Ihsan Samarinda, 2) Mengetahui bentuk-bentuk inovasi kurikulum di Madrasah Aliyah (MA) Darul Ihsan Samarinda. 3) Mengetahui faktor yang mendukung pelaksanaan inovasi kurikulum di Madrasah Aliyah (MA) Darul Ihsan Samarinda. 4) Mengetahui faktor yang menghambat pelaksanaan inovasi kurikulum di Madrasah Aliyah (MA) Darul Ihsan Samarinda. Jenis penelitian ini adalah deskriptif analitis. Pendekatan yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa inovasi kurikulum di Madrasah Aliyah Darul Ihsan Samarinda yaitu berupa: a) mengembangkan rencana inovasi kurikulum dengan segenap komponen madrasah yang ikut berpartisipasi, landasan inovasi kurikulumnya berupa budaya setempat dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, b) inovasi tujuan kurikulum yang memadukan tujuan madrasah dan tujuan pemerintah/nasional, c) inovasi bahan ajar yang menyesuaikan visi dan misi sekolah sehingga dapat dicanangkan motode pembelajaran yang kontekstual, d) pemanfaatan media seperti OHP proyektor saat mengajar, laboratorium komputer pada saat pelajaran praktek computer dan lainnya, e) penyusunan sistem evaluasi yang disesuaikan dengan program madrasah dan pemerintah, f) inovasi ekstrakurikuler atau pengembangan diri berupa maulid al- habsyi, rebana, seni kaligrafi, Arabic club, English club, bimbingan baca al-Qur’an, TIK, dan kelompok olahraga, g) inovasi muatan lokal yang diprogramkan agar sesuai dengan keunggulan madrasah berupa semua pelajaran pondok seperti: ilmu fiqih, tauhid, hadits, akhlak, faraidh, tafsir, nahwu shorf, tarikh, khot, ushul fiqh, dan pelajaran kitab kuning. Sedangkan Faktor-faktor yang mempengaruhi yaitu: a) faktor pendukung diantaranya faktor guru (SDM), faktor media, faktor sarana dan prasarana, faktor kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, sedangkan b) faktor penghambat diantaranya, kurang tersedianya anggaran yang memadai dan evaluasi atau penilaian kognitif berupa Ujian Nasional yang membuat sulit madrasah karena harus mengejar target kelulusan.
PENDIDIKAN ISLAM DI KABUPATEN TABALONG: SEKOLAH ISLAM SEBAGAI GERAKAN SOSIAL Rabi'ah Rabi'ah
Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan Al Qalam Vol. 13, No. 1, Januari-Juni 2019
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an (STIQ) Amuntai Kalimantan Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (612.061 KB) | DOI: 10.35931/aq.v0i0.132

Abstract

Kabupaten Tabalong merupakan daerah berkembang di Provinsi Kalimantan Selatan yang perkembangannya dinilai sangat pesat dibandingkan dengan kabupaten lain. Jumlah penduduk terbanyak kedua (ke-2) setelah HST. Hal ini menjadikan Kabupaten Tabalong sebagai ruang potensial untuk berbagai bidang, di antaranya perdagangan, industri, bahkan pendidikan. Lebih khusus pendidikan Islam karena Islam merupakan agama mayoritas penduduk Kabupaten Tabalong. Pertumbuhan lembaga pendidikan Islam di Kabupaten Tabalong cukup pesat. Beriringan dengan pelaksanaan otonomi daerah di bidang pendidikan yang memberikan peluang kepada berbagai gerakan sosial keagamaan untuk memprentasikan keberadaannya. Gerakan sosial keagamaan menentukan corak ideologis pendidikan Islam di suatu wilayah. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan sekolah Islam sebagai salah satu bentuk lembaga pendidikan Islam di Kabupaten Tabalong meliputi keberadaannya, segmentasi konsumennya, dan organisasi/yayasan pendirinya. Teori yang digunakan sebagai pisau analisis dalam artikel ini adalah teori gerakan sosial (Social Movement). Keberadaan sekolah Islam tidak terlepas dari gerakan-gerakan sosial keagamaan di Kabupaten Tabalong yang mendapatkan peluang dari pelaksanaan otonomi daerah dan pemerintah daerah yang moderat serta perekonomian daerah yang berkembang.
PELAKSANAAN PROGRAM ADIWIYATA SEBAGAI UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH Ummi Nur Rokhmah
Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan Al Qalam Vol. 13, No. 1, Januari-Juni 2019
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an (STIQ) Amuntai Kalimantan Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (789.612 KB) | DOI: 10.35931/aq.v0i0.133

Abstract

Pendidikan lingkungan hidup sangat berperan penting dalam memberikan pemahaman dan pembentukan karakter peduli lingkungan siswa di sekolah.Dalam upaya mempercepat pengembangan pendidikan lingkungan hidup khususnya jalur pendidikan formal untuk mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup maka dicanangkan program Adiwiyata. Tujuan penelitian ini adalah Mendeskripsikan pelaksanaan program Adiwiyata sebagai upaya pembentuk karakter peduli lingkungan siswa di MIN Tegalasri Wlingi Blitar.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian dilakukan di MIN Tegalasri Wlingi Blitar dengan subjek penelitiannya adalah kepala sekolah, koordinator program Adiwiyata, guru, siswa, petugas kebersihan, penjaga kantin dan para orang tua siswa. Data dikumpulkan melalui teknik wawancara, observasi, dokumentasi, kebijakan berwawasan lingkungan, pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan, kegiatan lingkungan berbasis partisipatif, dan pengelolaan sarana prasarana pendukung ramah lingkungan. Hasil penelitian ini merupakan implementasi dari program Adiwiyata untuk membentuk karakter kesadaran lingkungan pada siswa di MIN Tegalasri Wlingi Blitar
REPRESENTASI BIAS GENDER DALAM KITAB FIQH (STUDI TERHADAP KITAB AT-TAQRIB KARYA ABU SYUJA AL ISFAHANI) Gusti Muhammad Irhamna Husin
Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan Al Qalam Vol. 13, No. 1, Januari-Juni 2019
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an (STIQ) Amuntai Kalimantan Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (417.668 KB) | DOI: 10.35931/aq.v0i0.129

Abstract

Fiqh yang termuat dalam Kitab klasik dan modern merupakan hasil pemahaman, penyimpulan, dan interpretasi para fuqaha terhadap Alquran dan al-Hadits sebagai respons atas tantangan zamannya saat ini. Wajar apabila kemudian dalam konstruk fiqh terjadi banyak perbedaan dikalangan fuqaha selain masalah-masalah yang telah diketahui dari ajaran agama secara pasti (al-umur al-mulumah min ad-din bi al-darurah). Perbedaan tersebut sesungguhnya merupakan konsekuensi logis dari adanya perbedaan tempat, kondisi sosial-kultural, tantangan zaman, dan latar belakang intelektual serta metodologi yang digunakan oleh seorang faqih. pokok masalah dalam kajian ini adalah : 1) representasi bias gender apa saja yang terdapat dalam kitab at-Taqrib, dan 2) bias gender dalam kitab tersebut dibaca dan dipahami sesuai dengan konteks zamannya dan sekarang. Kajian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis bias gender dalam kitab at-Taqrib serta berusaha membaca dan memahaminya sesuai dengan konteks zamannya dan sekarang. Adapun hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi mengenai cara pembacaan yang tepat terhadap kitab-kitab klasik khususnya kitab-kitab fiqh, yang sesuai dengan kondisi zaman.
PERAN WAKAF DALAM PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM Abdan Rahim
Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan Al Qalam Vol. 13, No. 1, Januari-Juni 2019
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an (STIQ) Amuntai Kalimantan Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (520.777 KB) | DOI: 10.35931/aq.v0i0.131

Abstract

Secara konseptual, Islam mengenal lembaga wakaf sebagai sumber asset yang memberi kemanfaatan sepanjang masa. Wakaf telah diatur sedemikian rupa sehingga mempunyai peran yang cukup signifikan dalam rangka mensejahterakan kehidupan masyarakat. Peranan wakaf sangat besar dalam menunjang pelaksanaan pendidikan. Dengan wakaf, umat Islam mendapatkan kemudahan dalam menuntut ilmu. Dengan wakaf, pendidikan Islam tidak terlalu menuntut banyaknya biaya bagi pelajar, sehingga bagi mereka baik miskin atau kaya mendapat kesempatan yang sama untuk mendapatkan pendidikan. Wakaf bertujuan untuk mendapatkan sumber-sumber dana yang tetap dan stabil bagi kebutuhan-kebutuhan umat, pada bidang agama, sandang, pangan, papan, pendidikan, ekonomi, kesehatan dan keamanan. Wakaf juga bertujuan memperkuat persaudaraan dan menanamkan nilai-nilai kesetiakawanan dan solidaritas sosial dalam rangka meraih keridhaan Allah SWT.
KANTIN KEJUJURAN SEBAGAI UPAYA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER Khoirul Anam; Iis Devi Sakiyati
Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan Al Qalam Vol. 13, No. 1, Januari-Juni 2019
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an (STIQ) Amuntai Kalimantan Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (91.551 KB) | DOI: 10.35931/aq.v0i0.130

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana peran penerapan kantin kejujuran sebagai media untuk pendidikan karakter peserta didik. Penelitian ini tergolong sebagai penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data dengan cara observasi, pengutipan artikel, dan juga buku-buku yang ada. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sebagai instrumen kunci dengan menggunakan panduan observasi, data-data yang tercantum dalam artikel-artikel yang di dalamnya berisi tentang penelitian tersebut. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Nilai dan karakter jujur sangat penting diterapkan dalam konsep kantin kejujuran. Nilai mengandung norma-norma yang dipandang baik menurut seorang atau kelompok seorang, dari berbagai segi pandang seperti nilai-nilai dalam bertingkahlaku, dalam berbicara, dan berniat, yang mampu memberikan manfaat bagi orang lain maupun diri sendiri. pendidikan karakter merupakan usaha sadar seseorang untuk membentuk dan mendidik peserta didik supaya memiliki karakter dan watak yang baik untuk masa sekarang maupun yang akan datang. (2) Problematika yang dihadapi dalam penerapan kantin kejujuran adalah dari manajemen pengelolaan kantin yang kurang terstruktur dan keterlambatan dalam penyediaan barang dangangan saat barang dagangan sudah habis. Dan terkadang peran sera partisipasi warga sekolah masih kurang mendukung dengan adanya kantin kejujuran ini. (3) Dampak dengan adanya kantin kejujuran dapat memberikan pendidikan karakter dan manfaat yang positif bagi peserta didik. Seperti melatih kejujuran peserta didik karena diharuskan membayar sesuai dengan harga yang tertera, sehingga juga bermanfaat untuk menumbuhkan jiwa anti korupsi peserta didik. Tetapi jika tidak dikonsep secara terstruktur kantin kejujuran juga akan berdampak negative bagi warga sekolah. Contoh dampak negatifnya adalah terkadang jika ada pencurian yang tidak diketahui akan menimbulkan kerugian bagi kantin tersebut, ada juga yang membayar dengan uang sobek, bahkan sering kali uang hasil penjualan pun dicuri.
REAKTUALISASI KONSEP INTEGRASI ILMU IBNU KHALDUN DALAM PENDIDIKAN ISLAM MODERN Nashrullah Muhammad Atha
Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan Al Qalam Vol. 13, No. 1, Januari-Juni 2019
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an (STIQ) Amuntai Kalimantan Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1390.533 KB) | DOI: 10.35931/aq.v0i0.135

Abstract

الموضوع من البحث فى هذا المقال هو كتاب المقدمة لابن خلدون مع التركيز حول تصور إندماج العلم. وهذا البحث لم يتوقف عن تحليل نظرية إندماج العلم عند ابن خلدون, إستفادة لهذه النظرية طرح البحث تطبيقها فى هذا العصر بدلا من النظرية الثنائية التى فد تسيطر النظام التعليم الاسلامى. هذا البحث من ضمن البحث المكتبى بدراسة كتاب المقدمة جاعلا إياه مصدرا اساسيا وكتبه الاخرى المتعلقة به مصدرا ثانويا. ومن خلال البحث المكتبى علم بأن ابن خلدون عالم متكامل يندمج بين العلوم النقلية والعلوم العقلية. وأما المهنج فى هذا البحث فهو منهج وصفى تحليلى بعرض نظرية اندماج العلم عند ابن خلدون ثم تحليلها ليرى مدى مطابقتها بمنهج التعليم الاسلامى فى هذا العصر. وأما الهدف من هذا البحث فهو من البحث الوصفى الشرحى بتقديم عرض بناء نظرية ابن خلدون ثم تبيين حججه على أهمية هذه النطرية. من خلال التحليل لنتيجة هذا البحث يرى الباحث بان نظرية إدماج العلم لابن خلدون منح عرضا قابلا للذوبان لمواجهة واقع التعليم الثنائى فى هذا العصر

Page 1 of 1 | Total Record : 7